Myspace LayoutsGet your layout at MyspaceGet your own Wavy Scroller

Minggu, 12 Juni 2011

Soal PAUD Kecamatan Kemayoran Jempolan

KEPEDULIAN dan perhatian PKK Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat, atas pendidikan anak-anak usia sekolah dari keluarga kurang mampu di wilayahnya sangat tinggi. Untuk membantu pendidikan anak-anak dari warga tidak mampu tersebut, di RW setiap kelurahan dibentuk Bina Keluarga Balita (BKB) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Berkat kepedulian dan perhatian atas pendidikan anak-anak usia dini tersebut, Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat berhasil meraih juara pertama lomba pengelolan PAUD se-DKI Jakarta Tahun 2011. Keberhasilan ini berkat kerja keras seluruh kader PKK, baik tingkat kecamatan, kelurahan, RT dan RW di bawah koordinasi Ketua TP PKK Kecamatan Kemayoran, Ny. Aslamiyah Marhayadi yang juga istri camat Kemayoran.

Ny. Aslamiyah mengatakan di wilayah Kecamatan Kemayoran saat ini terdapat 45 PAUD yang tersebar di delapan kelurahan. ”PAUD untuk membantu warga kurang mampu yang anaknya yang usia sekolah TK tapi tidak ada biaya. Ternyata keberadaanya benar-benar dirasakan warga,” ujarnya, kemarin.

GRATIS

Di BKB PAUD ini anak-anak digratiskan biayanya, bahkan mereka diberikan bantuan alat-alat tulis secara gratis juga. Peralatan pendidikannya, baik alat peraga pendidikan, sarana bermain juga disediakan, sehingga anak-anak bisa mengenal lingkungan dan bersosialisasi, sehingga saat masuk SD sudah tidak kaget lagi. Pendidiknya berasal dari kader-kader PKK yang bekerja secara sukarela atau tidak dibayar.

Mengenai seragam buat sekolah, semua diserahkan kepada orang tua. Kalau mau membeli disilahkan, tidak dipaksakan harus berseragam. Namun, kebanyakan orang tua sadar, demi kebersamaan anak-anaknya pakai seragam.

”Biayanya gratis, hanya seminggu sekali disediakan tromol untuk bantuan. Tapi ini tidak mengikat atau memaksa, apalagi besarnya minimal seribu rupiah, bagi orangtua yang mau bantu silakan, tidak bantu tidak masalah,” jelas Ny. Aslamiyah.

BANTUAN PENGUSAHA

Untuk mendukung kegiatan PAUD, biasanya ada bantuan dari donatur dan swadaya masyarakatnya. Bahkan, ada PAUD yang menggandeng pihak ketiga atau pengusaha untuk membantu pendanaan. Seperti PAUD Anyelir dari Kelurahan Kemayoran yang mendapatkan bantuan alat-alat peraga pendidikan dan bea guru dari pihak ketiga atau pengusaha.

”Selain itu juga ada yang mendapatkan bantuan buiaya pendidikan dari pemerintah berupa dana rintisan dan dana lembaga,” katanya. Namun, dari 45 PAUD baru 12 PAUD yang dapat bantuan.

Semua PAUD di Kecamatan Kemayoran sangat kompak, di mana seminggu sekali selalu mengadakan pertemuan secara bergiliran tempatnya. Di mana membicarakan berbagai problem dan masukan untuk saling membantu di antara PAUD yang ada. Sehingga setiap ada kesulitan langsung bisa diatasi. (tarta/B)

SUMBER :

Sabtu, 11 Juni 2011 - 11:13 WIB
http://www.poskota.co.id/berita-terkini/2011/06/11/soal-paud-kecamatan-kemayoran-jempolan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar